Sewa Gudang, Jasa Logistics, Logistics Indonesia

Jenis-Jenis Racking System  

July 20 2017
IMS Logistics

Salah satu elemen penting dalam sebuah gudang adalah tersedianya racking system. Racking inilah yang menjadi tempat untuk menyimpan barang dengan aman dan rapi. Bayangkan jika tidak ada racking, maka barang akan sangat berantakan untuk berada di dalam gudang.

Racking pun memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Sebab tidak semua barang cocok disimpan dengan racking system yang sama. Ada beberapa jenis racking yang dipakai dalam gudang:

SPR (Selective Pallet Racking)

SPR merupakan jenis rak yang paling popular dan sering digunakan dalam gudang. Sistem rak ini cocok untuk barang yang sudah dikemas dan berukuran cukup besar. Sistem rak ini juga cocok untuk memenuhi semua barang yang ada dalam gudang dari segala jenis ukuran dan berat palletnya. Keuntungan menggunakan palet seperti ini adalah dapat menampung lebih banyak barang karena mempunyai tinggi yang lebih banyak.

DDR (Double Deep Racking)

Sistem rak ini juga memungkinkan untuk menyimpang barang lebih banyak 30% dari selective pallet racking. Hal itu dikarenakan penyusunan rak yang memang dirancang untuk menyimpan dua baris standar SPR dan dua bagian belakang dan digabungkan menjadi satu. Jenis rak ini sangat cocok untuk metode penyimpanan barang LiFo (Last in First out) dimana barang yang terakhir kali dimasukan adalah barang yang akan segera keluar.

Cantiliver Racking System

Sistem Cantiliver adalah rak gudang yang dirancang khusus untuk menyimpan barang-barang yang panjang seperti kayu, ban, tiang, tabung, karpet, atau barang-barang lain yang mempunyai ukuran panjang yang proposional. Rak akan didesain sesuai dengan bentuk dan ukuran dari barang-barang tersebut.sehingga tidak akan menimbulkan kesulitan pada saat proses penyimpanan barang.

Drive in Racking System

Bagi barang yang tidak bisa disimpan dengan cara ditumpuk satu sama lain, ini adalah metode racking yang sesuai. Sistem ini sangat cocok untuk menyimpan barang yang tidak memiliki jadwal keluar masuk barang yang ketat. Metode ini juga mampu mengoptimalkan luas gudang dengan mengurangi luas lorong, sehingga cocok sekali untuk penyimpanan dalam skala besar.

Multi Tier Racking System

Sistem racking seperti ini sangat cocok sekali untuk menyimpan barang secara manual, karena sistem ini memungkinkan operator untuk mengakses semua barang secara langsung.  Bagi yang ingin menyimpan barang secara manual, multi tier racking sistem adalah solusi yang paling tepat, karena dapat menyimpan semua jenis barang dan sangat fleksible untuk digunakan.

Multi tier racking system juga memaksimalkan ruangan dengan membentuk rak secara vertikal beserta lorong dengan ketinggian yang berbeda agar dapat menampung barang lebih banyak. Selain itu, tersedia tangganya untuk memudahkan seseorang untuk mengakesesnya.

SSP (Structural Steel Platform)

Platform ini menggunakan kayu dan besi untuk dibuat menjadi mezzanine. Kegunaannya jelas untuk menyimpan barang lebih banyak lagi. Selain itu, dengan platform seperti ini, akan memberikan ruang yang luas dibagian bawah rak. Metode ini juga mempunyai banyak sekali aksesoris lainnya yang dapat ditambahakn ke platform SSP ini.

Dynamic Storage Racking System

Sistem ini cocok sekali untuk menyimpan barang-barang yang memiliki tanggal kadaluarsa. Sebab, dengan sistem rak seperti ini, dapat memungkinkan orang untuk memantau produk dengan mudah. Dynamic Storage Racking System yang sering disebut sebagai live storage ini cocok juga untuk digunakan dengan palet, kardus, atau container.

Itu tadi, ketujuh racking system yang bisa digunakan untuk menyimpan barang dalam gudang. Masing-masing metode mempunyai keunggulan masing-masing sesuai dengan jenis barang yang disimpannya. Untuk itu, kenali dulu karakteristik dari barang yang ingin disimpan dan sesuaikan rackingnya agar dapat mempermudah proses penyimpanan barang.

Butuh informasi atau solusi untuk permasalahan logistik? Silahkan kunjungi www.imslogistics.com

Baca juga: Pahami Proses Inbound dalam Gudang

Write a Reply or Comment